Tuesday, October 26, 2021
Mesin Pelet Kayu Indonesia

Mesin Serpih jenis Drum (Drum Chippers)

Apa itu Mesin Serpih jenis Drum? Mesin serpih/chip/tatal jenis drum (drum chippers) adalah alat khusus untuk mereduksi kayu dengan cara menyerpihkan (mentatalkan) kayu dari…

By Fathur , in mesin chipper kayu mesin chipping Mesin Serpih jenis Drum Wood Chipper , at 2021-09-24 Tags: , , , , ,

Apa itu Mesin Serpih jenis Drum?

Mesin serpih/chip/tatal jenis drum (drum chippers) adalah alat khusus untuk mereduksi kayu dengan cara menyerpihkan (mentatalkan) kayu dari diameter sekitar 90-240 mm hingga menjadi serpih/tatal yang berukuran sekitar 22-30 mm. Mesin ini banyak digunakan untuk membuat papan partikel (particle board), papan serpih, bahan bakar kompor, tempat tidur binatang piaraan, bahan umpan proses pelet kayu, penggunaan di pabrik kertas dan industri lainnya. Mesin ini digunakan terutama untuk menyerpih batang kayu (kayu gelondongan), sisa-sisa potongan kayu (seperti cabang dan ranting kayu, dll) dan material limbah dari industri pengerjaan kayu (papan, bilah, inti batang kayu dan limbah vinir, dll). Ukuran serpih/tatal kayu dapat diatur memenuhi permintaan pelanggan. Mesin itu juga dapat menyerpihkan bahan-bahan bukan kayu, seperti batang tebu, rumput gajah, bambu, limbah pertanian, dll.

Mesin serpih itu sering dibuat dalam bentuk mudah dibawa/portabel, dipasang di atas roda pada dudukan yang cocok untuk ditarik di belakang truk atau van. Daya mesin umumnya disediakan oleh mesin pembakaran internal dari 3 tenaga kuda (2,2 kW) hingga 1.000 tenaga kuda (750 kW) sesuai dengan kapasitasnya.

Mesin serpih buatan Taichang juga memiliki mesin serpih besar untuk beban berat yang dapat menyerpihkan kayu dengan diamater di atas 450-700 hingga 700 mm. Strukturnya canggih, menggunakan material kualitas tinggi, kemampuan adaptasi bahan mentah kayu yang lebar, operasi dan perawatan yang simpel, dan dapat menyerpihkan aneka macam material (kayu dan bukan kayu) menjadi serpihan/tatal berukuran kecil. Penjelasan detil mesin serpih jenis drum buatan Taichang dapat dilihat di sini.

Bagaimana Mesin Serpih jenis Drum bekerja?

Mesin serpih kayu jenis drum komersial terutama terdiri atas dua bagian: 1) wadah mesin 2) Sabuk pembawa/konveyor. Struktur utama mesin meliputi badan mesin, rol pemotong, sistem hidraulik, sabuk konveyor, dan rol umpan atas dan bawah. Bagian tubuh mesin dilas dengan pelat baja berkekuatan tinggi, yang merupakan fondasi pendukung seluruh mesin serpih kayu.

Sistem potong mesin serpih kayu besar yang baru dirancang terutama terdiri atas rol pisau khusus. Biasanya ada beberapa pisau serpih putar yang dipasang pada gulungan (roller) pisau. Ketika kayu diumpankan dengan ukuran berbeda, roller pengumpan dalam sistem potong dapat mengapung ke atas dan ke bawah dalam kisaran tertentu dengan bantuan sistem hidroliknya, sehingga kayu memasuki sistem potong dengan lancar tanpa goncangan (lihat Gambar 1).

Contoh Irisan Mesin Serpih Jenis Drum

Gambar 1. Contoh Irisan Mesin Serpih Jenis Drum.

Serpihan kayu yang memenuhi syarat yang diserpihkan oleh rol pisau akan jatuh melalui lubang saringan dan dikeluarkan dari bawah, sedangkan serpihan kayu yang lebih besar akan dikembalikan ke mesin serpih untuk diserpihkan. Penutup mesin serpih jenis drum dapat dibuka untuk memudahkan penggantian mata pisau dan penyetelan posisi mata pisau.

Informasi tentang Mesin Serpih jenis Drum

Video 1. Contoh Mesin Serpih jenis Drum, umpan limbah kayu vinir (buatan Taichang).

Video 2. Contoh Mesin Serpih Kayu gelondongan diameter kecil (buatan Taichang).

Industri/pabrik pellet kayu mengawali prosesnya dengan menyerpih / mentatal potongan kayu besar yang beragam ukuran dan jenisnya melalui mesin serpih kayu jenis drum ke ukuran lebih kecil, guna memudahkan proses pelumatan menjadi serbuk. Gambar 2 menunjukkan bahwa kayu gelondongan (kiri) diubah menjadi serpih (tengah), selanjutnya menggunakan Hammer mill ia diubah menjadi serbuk (kanan).

Contoh-gelondongan-diubah-menjadi-serpih,-lalu-diserbukkan

Gambar 2. Contoh gelondongan diubah menjadi serpih, lalu diserbukkan.

Perbandingan antara mesin serpih kayu jenis Drum dan Cakram

Mesin serpih kayu/pohon dapat berbagai jenis seperti jenis cakram, jenis drum, roller torsi tinggi, jenis sekrup, dll. Di antara mereka, jenis cakram dan drum adalah mesin serpih yang paling umum digunakan di industri pulp dan kertas. Mereka memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.

Mesin serpih jenis cakram memiliki efisiensi energi yang lebih tinggi dan menggunakan bahan bakar 19% lebih sedikit per unit produk, kemungkinan karena desainnya yang lebih sederhana, mengintegrasikan sistem penyerpihan dan pengeluaran dalam satu perangkat sinergis. Sebaliknya, mesin serpih jenis drum 8% lebih produktif, karena ia memotong dengan energi yang sama di sepanjang pisaunya.

Mesin Serpih jenis Drum

Contoh-Mesin-Serpih-jenis-Drum

Gambar 3. Contoh Mesin Serpih jenis Drum.

Mesin serpih jenis Drum terdiri atas drum baja besar dan bilah atau pisau yang digerakkan oleh motor, biasanya melalui sabuk. Drum dipasang sejajar dengan hopper dan berputar ke arah saluran keluaran. Drum berfungsi sebagai mekanisme pengumpanan, menarik material ketika mengirisnya. Mesin serpih jenis drum memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, menciptakan tatal besar yang tidak rata dan memiliki masalah keamanan. Namun, lebih hemat energi dibandingkan jenis Cakram yang menghasilkan serpih/tatal yang lebih seragam.

Setelah dikenai mesin serpih kayu, serpih melewati saringan untuk memisahkan serpih ukuran yang dapat diterima dari serpih halus dan besar. Serpih harus bebas dari kotoran, pasir, lumpur, batu dan bahan asing lainnya. Oleh karena itu, serpih dicuci setelah melewati saringan. Kemudian mereka dikirim ke tangki simpan seperti silo melalui ban berjalan atau jalur pipa. Tempat penyimpanan luar memiliki beberapa kelemahan, karena permukaan serpih akan dicemari oleh polutan yang terbawa udara.

Mesin serpih drum model yang lebih baru secara digital dapat membalikkan roda umpan hidrolik. Sistem umpan reversibel memungkinkan mesin serpih drum gaya baru untuk menangani material berdiameter lebih besar. Mesin modern biasanya memiliki kapasitas bahan 6 hingga 20 inci (15-50 cm).

Mesin Serpih Jenis Cakram

Gambar 4 adalah contoh mesin serpih jenis cakram.

Contoh-Mesin-Serpih-jenis-Cakram

Gambar 4. Contoh Mesin Serpih jenis Cakram.

Mesin serpih jenis Cakram terdiri atas cakram baja, cerat (spout) dan bilah atau pisau serpih. Pisau dipasang pada cakram. Jumlah pisau bisa 4, 8 atau 12. mesin serpih cakram yang lebih tua memiliki 4 pisau yang kapasitasnya lebih rendah dan menghasilkan lebih banyak limbah. Oleh karena itu, mesin serpih cakram yang baru dihadirkan dengan multi-pisau yang berisi 8, 10 dan 12 pisau yang berkapasitas lebih tinggi dan menghasilkan lebih sedikit limbah dan serpih yang berkualitas. Semuanya memiliki fungsi yang hampir sama. Gambar 5 menunjukkan cara kerja mesin serpih jenis cakram.

Ilustrasi-mesin-serpih-kayu-jenis-cakram-

Gambar 5. Ilustrasi mesin serpih kayu jenis cakram.

Cerat (spout) penyerpih bisa berbentuk persegi panjang atau oval. Cerat bentuk persegi panjang menghasilkan serpihan yang lebih seragam. Biasanya, kayu gelondongan diumpankan ke cakram dengan cerat miring, sehingga posisi kayu tetap menyudut. Setelah pemakaian beberapa jam, pisau mungkin akan diganti untuk diasah. Proses ini menghabiskan energi yang besar, tetapi mampu menghasilkan serpihan kayu yang seragam. Saat cakram berputar, maka bilah memotong kayu pulp menjadi serpihan. Ukuran mesin serpih tergantung pada diameter cakram (pengaturan tinggi pisau , jumlah pisau, cerat, laju cakram, kecepatan umpan, dll.

Video 3. Contoh Mesin Serpih jenis Cakram

Dalam desain ini, (biasanya) roda bertenaga hidrolik reversibel menarik material dari hopper menuju cakram. Saat piringan berputar, pisau memotong bahan menjadi serpihan. Desain ini tidak seefisien energi seperti desain gaya drum, tetapi menghasilkan chip/serpih dengan bentuk dan ukuran yang lebih seragam. Kebanyakan mesin serpih yang saat ini digunakan oleh perusahaan perawatan pohon komersial adalah jenis cakram.

Mesin serpih jenis cakram tingkat konsumen biasanya memiliki kapasitas diameter bahan dari 15 hingga 46 cm. Mesin serpih kelas industri tersedia dengan cakram berdiameter 4,1 m, membutuhkan 4.000 – 5.000 tenaga kuda (3 hingga 3,7 MW). Salah satu aplikasi mesin serpih cakram skala industri adalah untuk menghasilkan serpihan kayu yang digunakan dalam pembuatan papan partikel.

Keuntungan Menggunakan Mesin Serpih jenis Drum

  • Laju penyerpihan mesin serpih kayu jenis drum terhadap mesin serpih orisinal pada bahan baku lebih dari 95%.
  • Strukturnya rasional, dengan fitur kapasitas tinggi, aplikasi luas, kualitas tinggi
  • Bodi mesin yang sangat kuat dengan bobot tinggi, sehingga memastikan pengoperasian yang mudah dan lancar
  • Fiksasi pisau dengan irisan sentrifugal dengan durasi/lama penggantian alat yang singkat
  • Penyesuaian pisau stator opsional untuk masa pakai alat yang lebih lama
  • Dilengkapi dengan kap hidrolik guna mempermudah dan mempercepat perawatan.

Bagaimana menggunakan mesin serpih kayu di industri?

  1. Mulailah dengan menempatkan mesin serpih kayu di tanah yang rata, agar mesin tidak bergerak, miring, atau jatuh saat digunakan. Hal itu dapat menjadi situasi yang sangat berbahaya. Jika ada sedikit kemiringan pada penempatan mesin, pastikan saluran tempat pengeluaran produk menghadap ke bawah atau sesuai arah angin, dan jauh dari tempat pemasukan material ke dalam mesin serpih.
  2. Kebanyakan mesin serpih kayu memiliki deflektor, dan sebagian besar peluncur dapat diatur. Pastikan keduanya diatur untuk mengontrol arah dan kecepatan pelepasan serpihan dan mulsa. Upayakan mereka tidak mendarat terlalu dekat dengan mesin, tetapi juga tidak berhamburan di seluruh halaman. Tujuan memiliki mesin serpih kayu adalah untuk mengurangi tebaran untuk pembersihan nanti. Pastikan bahwa deflektor menjaga agar puing/ serbuk kayu tidak tertiup angin ke wajah operator, guna menghindari cedera atau mengganggu kejernihan penglihatan.
  3. Jika mengangkut mesin serpih menggunakan peralatan lain (misalnya traktor), atur rem parkirnya, guna memastikan peralatan tersebut tidak bergerak. Namun, sebagian besar mesin serpih kayu yang dipakai untuk keperluan pribadi ukurannya tidak cukup besar, agar mesin lain mampu mengangkutnya.
  4. Periksa sumber daya listrik yang digunakan. Pastikan bahwa untuk setiap mesin bertenaga gas memiliki bahan bakar yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan, dan pastikan kabel listrik pada mesin serpih kayu tidak berkerut, rusak, atau tercabut sebelum mesin dioperasikan.
  5. Anggap operator memiliki pakaian yang tepat, nyalakan mesin serpih. Gunakan tongkat panjang untuk mendorong material apa pun (cabang, ranting kayu, dll) yang tampaknya susah masuk mesin. Jangan pernah memasukkan apa pun yang lebih besar dari yang direkomendasikan ke dalam mesin serpih yang mungkin saja akan mencambuk dan memuntahkan material ke arah operator. Hal itu menyebabkan trauma terkena benda tumpul atau serpihan-serpihan berbahaya yang dapat menggores dan melukai operator. Pastikan pula bahwa setiap ujung yang tumpul dari ranting, cabang, dan batang atau gelondongan kayu kecil masuk ke dalam mesin terlebih dahulu. Ini membuat serpihan kayu lebih konsisten dan memungkinkan kayu untuk masuk lebih mudah ke dalam mesin serpih.
  6. Umpankan campuran daun kering dan daun hijau ke mesin serpih kayu daripada memisahkan keduanya. Campuran daun hijau dengan yang mati/kering akan membantu melumasi mesin, sehingga penyerpihan lebih mudah. Dengan cara yang sama, tambahan daun kering ke daun hijau akan memastikan bahwa kelembaban tidak menaik yang pada akhirnya dapat menyumbat mesin. Campuran keduanya juga akan menjaga bilah dalam mesin serpih lebih dingin. Bila bilah menjadi panas akan berbahaya untuk digunakan.
  7. Operator selalu berdiri di samping, bukan di depan hopper, tempat memasukkan material. Hal ini dapat membantu menghindari cedera serius terhadap operator, jika ada serpihan yang lolos ke depan atau mesin macet dan meluncurkan material ke depan.
  8. Gunakan proteksi pendengaran dari suara bising
  9. Upayakan tidak ada batu, lumpur tanah yang terikut masuk, agar tidak menumpulkan pisau.

Keselamatan: mesin penyerpih kayu dapat mencabik tubuh !!!

Mesin penyerpih kayu dirancang khusus untuk memecah cabang besar dan potongan kayu dan menghancurkannya menjadi serpihan kayu. Ada beberapa jenis mekanisme yang digunakan, tetapi hasil akhirnya sama: hampir umpan yang masuk – termasuk daun, ranting, rumput liar, atau bahkan bagian tubuh manusia – akan mudah dihancurkan.

Serangkaian tindakan pencegahan dan keselamatan saat menggunakan mesin penyerpih kayu pada pekerjaan profesional perlu dilakukan. Salah satu tindakan pencegahan adalah:

Pakaian Kerja

  • Jangan mengenakan pakaian yang longgar, karena dapat tersangkut di cabang atau puing-puing lainnya dan menarik operator ke dalam mesin penyerpih kayu, bahkan hanya kerusakan sebagian oleh mesin penyerpih kayu dapat menyebabkan cedera serius (pendarahan dan kehilangan anggota tubuh) atau kematian. Pastikan pakaian apa pun yang operator kenakan itu pas, tanpa ujung yang longgar atau bagian yang longgar. Pastikan ekor kemeja terselip dan tidak memiliki tali.
  • Kenakan sarung tangan pengaman untuk menghindari goresan pada tangan.
  • Kenakan sepatu berujung baja atau sepatu bot agar puing-puing yang jatuh tidak menyebabkan cedera pada kaki operator, dan
  • Gunakan kacamata pengaman agar potongan/puing kayu yang mungkin terbang keluar dari mesin serpih kayu tidak menggaruk mata atau merusak penglihatan.

Pembersihan dan Perawatan

Untuk memastikan area bebas dan aman, bersihkan sendiri. Pastikan area di sekitar mesin serpih itu bebas dan bersih sebelum digunakan, dan luangkan waktu untuk membersihkan alat listrik setiap kali digunakan, karena filter dapat tersumbat dan bilah-bilah pisau terselimuti oleh serpihan kayu dan puing. Selain itu, ikuti juga jadwal perawatan agar mesin tetap beroperasi dengan baik tanpa risiko terhadap kerusakan pada mesin serpih kayu, operator, atau orang lain.

Perhatian yang cermat                               

Operator harus fokus ketika menggunakan mesin dan seharusnya tidak tertarik hal lain, karena alat ini sama berbahayanya dengan perkakas listrik apa pun, terutama dengan bilah tajam yang dapat menarik operator masuk ke dalam mesin dan terus memotong. Seperti gergaji mesin, bila menyalakan mesin serpih kayu tanpa perhatian penuh terhadap apa yang terjadi dengan mesin – dan apa yang terjadi di sekitar operator – dapat mengakibatkan cedera serius dan bahkan mengancam jiwa.

Bila pembaca tertarik dengan mesin serpih jenis drum, dan mesin chip jenis lain buatan Taichang, silahkan hubungi perwakilan berikut :

  • Tiongkok: jack@taichangpelletmill.com, Jack WA/HP: +86 156 0541 6072
  • Indonesia: ffagi@yahoo.com,                Fathur WA/HP: +62 812 1088 1386

Comments


Leave a Reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *